Berita

    Jangan Sampai Kena Tipu! Ketahui Cara Mengecek Keaslian BPKB Mobil

    Mengetahui cara cek keaslian BPKB mobil sangatlah vital. Selain untuk mencegah penipuan, BPKB palsu bisa membuat Anda kerepotan jika hendak membayar pajak dan membuktikan bahwa kendaraan yang dipunya didapat secara legal.

    Niatnya ingin mendapat mobil bekas dengan harga murah, jika Anda tidak hati-hati, malah tertipu ketika BPKB yang dimiliki ternyata palsu.

    Maka dari itu, sebelum Anda menyelesaikan pembelian mobil, terutama yang bekas, jangan lupa untuk meminta BPKB dan mengecek keasliannya langsung ditempat. 

    Seperti kata pepatah, sediakanlah payung sebelum hujan. Lebih baik ribet di awal daripada ribet belakangan. Nah, apa saja yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan keaslian BPKB mobil?

    Cara Cek Keaslian BPKB Mobil

    BPKB asli dan palsu sering terlihat sangat mirip. Tetapi, terdapat lima cara mengecek apakah BPKB yang didapat asli atau tidak. Hal ini bisa langsung Anda terapkan sebelum pembelian mobil selesai. Berikut penjelasan caranya.

    • Mengecek Kover BPKB

    Mengkilap vs. buram. BPKB asli memiliki kover yang lebih mengkilap karena laminasi, sebaliknya kover BPKB palsu akan tampak buram. 

    Warna kover BPKB mobil terbaru adalah coklat kehijauan, terdapat pula corak unik bertulisan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor.

    • Memeriksa Hologram di Halaman Pertama dan Terakhir

    Hologram dalam bentuk logo BPKB akan berwarna abu-abu ketika diterawang pada dokumen yang asli. Sedangkan, warna kekuningan merupakan ciri BPKB palsu. Jika Anda memiliki cahaya hologram, logo BPKB akan memunculkan warna pelangi.

    • Memverifikasi Nomor Seri

    Cara cek keaslian BPKB mobil selanjutnya adalah memverifikasi nomor seri. Nomor seri terletak di bawah hologram, berguna untuk menunjukkan domisili BPKB diterbitkan.

    Untuk memverifikasi keasliannya, Anda dapat mengunjungi kantor Samsat terdekat. Pasalnya, informasi ini berstatus rahasia dan tidak dipublikasikan dengan luas. 

    • Lihat Halaman Identitas Pemilik Kendaraan

    BPKB tiruan hanya dapat mengubah data identitas kendaraan, tidak dengan data pemilik kendaraan. Biasanya, hasil cetak ulangnya bisa terdeteksi dengan mudah.

    Sementara yang asli, terdapat identitas pemilik kendaraan dan stempel resmi Korlantas POLRI. Pada BPKB terbaru, Anda bisa melihat kode QR yang memunculkan Nomor dan Tahun Registrasi BPKB ketika dipindai.

    • Cermati Lambang atau Logo Korlantas