Berita

    Terungkap, Ini Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

    Overheat atau mesin panas merupakan kondisi mesin mobil yang berada pada temperatur tinggi akibat kehabisan cairan pendingin atau kemungkinan terjadi masalah pada komponen-komponen sistem pendingin. 

    Bukan hanya mobil tua saja, anda yang memiliki mobil baru bisa juga mengalaminya. Apalagi jika Anda membeli mobil bekas yang tidak jelas bagaimana pemakaian sebelumnya. Ada banyak penyebab mesin mobil cepat panas yang bisa diperhatikan oleh pengemudi. Sayangnya tanda-tanda yang muncul masih sering disepelekan atau cirinya tidak terasa. 

    Sebagai pemilik kendaraan, ada baiknya jika anda tahu apa saja yang bisa menyebabkan mobil cepat panas. 

     

    Penyebab Mobil Cepat Panas

    Mesin mobil overheating atau cepat panas dapat terjadi jika mengalami masalah pada mesin kendaraan anda. Sehingga harus diketahui dengan pasti penyebabnya agar anda bisa segera melakukan perbaikan pada mesin kendaraan.

    Anda harus bisa waspada akan masalah yang satu ini. Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan mobil cepat panas. Pelajari hal ini agar bisa terhindar dari masalah di kemudian hari.

    1. Kualitas Oli Mobil

    Penyebab mesin mobil cepat panas bisa  bersumber dari oli yang sangat tidak sesuai standar. Oli dengan kualitas yang buruk akan cenderung tidak kuat tahan panas, sehingga cepat menguap. Oli mesin dapat menguap karena bersinggungan langsung dengan ruang pembakaran. 

    Tak hanya itu saja, oli mesin juga akan menurun kualitasnya jika sudah lama digunakan. Apalagi jika sejak awal Anda sudah menggunakan jenis oli palsu yang dijual murah. 

    Cara mengatasi penyebab ini tentu saja dengan menggunakan oli yang berkualitas dan jangan lupa menggantinya secara rutin. 

            2. Kerusakan Radiator

    Salah satu hal yang menjadi penyebab mesin mobil panas dengan cepat pada umumnya disebabkan oleh rusaknya radiator. Pada umumnya, fungsi radiator pada mobil yakni menjaga agar suhu mobil tetap stabil.  Saat radiator mengalami masalah, maka mesin mobil juga turut bermasalah. Permasalahan lain yang selain radiator yang menyebabkan mesin mobil cepat panas di antaranya adalah penggunaan cairan radiator yang tidak tepat, bocornya selang air radiator mobil dan sirkulasi air radiator yang tidak lancar.

    Jika selang radiator bocor menjadi penyebab masalah pada mesin, Anda harus membawa mobil ke bengkel resmi terpercaya. Untuk mencegah mesin cepat panas, sebaiknya gunakan cairan khusus radiator seperti cooler dan jangan lupa untuk menggantinya.