Berita

    Begini Cara Parkir Mobil Paralel yang Benar untuk Pemula

    Parkir menjadi salah satu tantangan bagi para pengendara pemula. Apalagi parkir mobil paralel yang cukup menantang dan membutuhkan keahlian. Tapi sebenarnya jika tahu teknik yang tepat, parkir seperti ini tidak sulit untuk dilakukan. 

    Teknik Parkir Mobil Paralel 

    Sebagian besar pengemudi pemula masih membutuhkan waktu lama untuk parkir dalam posisi paralel. Supaya bisa belajar lebih cepat, berikut ini beberapa cara parkir paralel yang mudah untuk dipraktikkan:

    • Posisikan Mobil Sejajar Area Parkir

    Pertama-tama, sebelum memarkirkan mobil sebaiknya posisikan dulu mobil dalam kondisi sejajar dengan area parkir. Biasanya sudah ada deretan mobil lainnya yang terparkir, jadikan saja sebagai acuan untuk membuatnya sejajar. 

    Posisi mobil sejajar ini harus diberi jarak. Paling tidak jaraknya sekitar setengah meter untuk membuatnya bisa terparkir aman. Lalu, pindahkan persneling ke arah mundur dan putar kemudi menuju kanan sampai mentok.

    • Mundurkan Mobil

    Selanjutnya jalankan mobil ke arah belakang atau mundur dengan sudut sebesar 45 derajat. Ini cukup sulit untuk dilakukan apalagi bagi para pemula yang masih belum ahli memperkirakan posisi mobil dan sudut putarnya. 

    Supaya lebih mudah, sebaiknya lihatlah sudut kemiringan mobil lewat kaca spion dari sebelah kiri. Jika dari kaca tersebut sudah terlihat bagian tengah sampai belakang mobil artinya sudut mobil sudah membentuk 45 derajat. 

    Selain mengecek lewat spion, Anda bisa menggunakan kamera belakang yang diaktifkan di head unit. Ini jauh lebih mudah dan sangat membantu para pengemudi pemula.

    • Luruskan Kemudi

    Jika sudah berhasil mencapai sudut 45 derajat tadi, segera luruskan kemudi. Setelah itu bawa mobil mundur secara perlahan untuk mendapatkan posisi parkir yang paling pas. 

    Jangan lupa, saat memundurkan mobil Anda harus melihat posisi dengan baik. Perhatikan bagian depan dan belakang dan hentikan mobil jika bagian depannya sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang parkir di depan. 

    • Putar Setir ke Kiri

    Lanjut ke langkah berikutnya, Anda harus memutar setir ke kiri untuk menyelesaikan proses parkir mobil paralel. Jika posisinya sudah sejajar maka putarlah kemudi ke arah kiri sampai penuh atau mentok. 

    Setelah itu lanjutkan mundur lagi secara perlahan saja jangan sampai terburu-buru dan membentur mobil yang ada di belakang. Gerakan perlahan sampai semua bodi mobil masuk ke area parkir paralel.