Berita

    Featured Image

    Cara Aman Melipat Kursi Belakang Mobil dan Mengatur Ruang Kabin

    Setiap mobil memiliki desain kursi yang berbeda-beda. Namun biasanya kursi mobil pada setiap tipe kendaraan memiliki fitur yang memungkinkan untuk dilipat. Hal ini biasa dilakukan saat kursi tidak digunakan. 

    Melipat kursi pada mobil juga biasa dilakukan jika ingin mendapatkan ruang kabin yang lebih luas. Misalnya saja saat Anda harus membawa banyak barang bawaan dan butuh area yang lebih lapang sehingga kursi harus dilipat. 

    Cara Melipat Kursi Mobil Bagian Belakang

    Umumnya kursi yang dilipat jika ingin mendapatkan ruang kabin mobil lebih luas adalah kursi bagian belakang. Namun perlu diketahui bahwa hal ini tidak bisa dilakukan asal-asalan. 

    Melipat kursi pada mobil harus dilakukan dengan cara yang tepat. Tujuannya agar tidak terjadi kerusakan pada kursi karena cara pelipatan yang salah. Berikut ini beberapa cara tepat melipat kursi di mobil yang bisa Anda ikuti. 

    • Lipatlah Kursi saat Kondisi Berhenti

    Pertama-tama pastikan bahwa Anda melipat kursi hanya saat posisi mobil sedang berhenti. Sangat tidak disarankan untuk melipat kursi di dalam mobil jika posisinya sedang melaju atau berjalan. 

    Hal ini dilakukan agar Anda tidak tergelincir saat harus melipat kursi. Selain itu melipat kursi saat posisi mobil berhenti juga lebih mudah untuk dilakukan karena mobil tidak bergoyang-goyang. 

    • Pastikan Area Sekitar Kursi Bersih

    Berikutnya pastikan area sekitar kursi bersih dari barang-barang. Seringkali pengguna mobil tidak sadar meletakkan banyak barang sembarangan di dalam mobil. Apalagi jika mobil tersebut digunakan pribadi untuk aktivitas sehari-hari. 

    Sebelum melipat kursi mobil, bersihkan dulu area di sekitarnya. Jika masih ada barang-barang di sana maka kursi bisa saja tidak terlipat dengan benar. Hal ini terjadi karena ada benda yang menghalangi kursi agar bisa terlipat.

    Membersihkan area di sekitar kursi yang akan dilipat juga perlu dilakukan jika Anda ingin mendapat kabin yang lebih luas. Misalnya saat Anda ingin melipat kursi agar bisa memasukkan lebih banyak barang ke dalam kabin. 

    Sebaiknya keluarkan benda-benda yang tidak Anda butuhkan di dalam mobil. Jika memang ada barang-barang yang harus ada di dalam mobil maka aturlah sebaik mungkin agar menghemat ruang di area kabin.  

    • Pelajari Fitur Bawaan Kursi

    Hal berikutnya yang penting untuk Anda lakukan adalah pelajari dan pahami seperti apa fitur bawaan kursi di dalam mobil. Anda tentu akan kesulitan melipat kursi jika tidak tahu seperti apa fitur bawaannya. 

    Lain halnya jika Anda sudah memahami fitur yang ada pada mobil tersebut. Anda bisa tahu seperti apa cara melipat kursi lewat fitur yang memang sudah tersedia. 

    Biasanya untuk kursi di baris terakhir mobil, Anda bisa melipat sandaran jok kemudian tekan tuas yang berada di bagian bawah. Tuas tersebut bisa ditarik ke posisi tengah dan langsung saja posisikan kursi ke bagian depan. 

    • Pastikan Tangan dan Kaki Anda Aman

    Saat melipat kursi di dalam mobil, pastikan bahwa tangan dan kaki Anda dalam kondisi aman. Artinya tangan dan kaki tidak ada yang terjepit atau terluka karena kursi terlipat. 

    Sebelum Anda mulai menekan tuas dan melipat kursi, pastikan tangan dan kaki berada cukup jauh dari posisi bahaya. Jika ada anak-anak atau orang lain di dalam mobil, pastikan juga posisi mereka cukup aman.