Berita

    Cara Merawat Interior Mobil agar Selalu Kelihatan Baru

    Tahukah Anda bahwa rata-rata orang menghabiskan waktu lebih dari empat tahun dari hidup mereka untuk berada di dalam mobil? Karena itulah, mengetahui cara merawat interior mobil secara perawatan rutin begitu penting. 

    Dengan begitu, interior mobil tidak akan mudah usang. Keharuman dan kebersihan di dalamnya pun akan terus terjaga. 

    Mari luangkan waktu sejenak untuk membaca tips perawatan mobil ini agar interior selalu kelihatan fresh dan bisa menambah waktu pakainya. 

            1. Bagian karpet dan kursi mobil

    Bagian karpet dan kursi mobil akan menjadi tempat yang paling banyak menyimpan remah-remah camilan, tumpahan makanan atau minuman, serta debu yang bisa mulai berbau jika tidak dibersihkan secara teratur.

    Untuk membersihkannya, Anda cukup melakukan vakum di bagian karpet dan pelapis kursi menggunakan alat khusus yang dapat menjangkau ke bagian bawah atau sela-sela kursi. 

    Selanjutnya, gunakan pembersih uap yang dapat menghilangkan noda dari karpet dan pelapis kursi. Bila tidak memilikinya, Anda bisa memakai kain lembut yang dicelupkan pada air sabun kemudian melap bagian-bagian yang terkena noda membandel. 

    Namun, Anda tidak boleh merendam kursi sebab dapat menumbuhkan jamur yang dapat menimbulkan bau apek.

            2. Bagian yang terbuat dari kulit dan vinil 

    Bagian interior mobil yang terbuat dari kulit dan vinil perlu diperlakukan secara khusus dan membutuhkan pembersihan yang lembut. Anda bisa memakai pembersih yang tidak mengandung pemutih atau hidrogen peroksida. 

    Untuk membersihkannya, Anda bisa memakai kain lembut dan sedikit sabun cuci piring yang sudah dicampurkan dengan air. Usapkan secara perlahan agar tidak merusak dan meninggalkan bekas goresan. 

            3. Kaca depan

    Bagian dalam kaca depan dan jendela lainnya mudah untuk kotor karena polusi udara luar maupun dari uap interior yang meninggalkan residu dan dapat mengganggu jarak pandang.

    Bersihkan bagian kaca depan dengan kain lembut dan pembersih kaca yang mengandung alkohol. 

    Gunakan dua kain untuk menghindari goresan. Satu kain yang dicelupkan atau dituangkan pembersih interior mobil untuk dipakai di tahap awal pembersihan kaca depan. Sedangkan kain kedua untuk melap setelah kaca bersih.

            4. Layar sentuh yang ada di entertainment mobil

    Layar entertainment menjadi lebih menonjol, yang berarti juga debu dan sidik jari yang berkumpul di sana pun banyak. Cara merawat interior mobil bagian layar sentuh membutuhkan produk pembersih yang berbeda dari yang digunakan untuk kaca.