Berita

    Kenali Ciri Mobil Bekas Tabrakan yang Harus Anda Ketahui

    Tidak ada salahnya membeli mobil bekas karena beberapa di antaranya masih bisa digunakan. Hal yang perlu diperhatikan adalah menghindari mobil bekas kecelakaan karena memang berpengaruh pada performa. Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan ciri yang ada pada mobil bekas tabrakan.

    1. Adanya Bekas Kerusakan pada Mobil

    Ciri mobil bekas tabrakan yang sangat awal harus Anda perhatikan adalah adanya cacat di beberapa bagian mobil. Biasanya tanda tersebut jelas terlihat. Anda bisa secara langsung untuk memeriksanya. Cobalah untuk memeriksa bagian depan atau belakang mobil terlebih dahulu.

    2. Rangka Mobil Tampak Miring

    Bekas benturan pada mobil biasanya memang jelas terlihat. Selain bodi mobil, Anda juga harus memeriksa cacat yang mungkin terdapat pada rangka mobil misalnya ruang mesin dan kolong mobil.

    Jangan langsung beli mobil tersebut jika terdapat rangka yang miring. Karena hal tersebut dapat mengurangi rasa nyaman saat mengendarai mobil

    3. Terdapat Warna Cat yang Tampak Belang

    Jika terjadi kerusakan pada mobil, biasanya akan dilakukan pengecatan ulang pada bagian bodi yang rusak. Biaya pengecatan mobil cukup mahal sehingga beberapa orang mungkin memilih untuk memoles bagian yang rusak saja. 

    Jika Anda melihat salah satu bagian yang tampak belang atau berbeda dengan bagian mobil lainnya, bisa Anda tanyakan terlebih dulu kepada penjual. Sebab, hal tersebut dapat menjadi tanda jika mobil pernah mengalami kerusakan akibat benturan.

    4. Terdapat Bekas Las pada Mobil

    Jika terjadi kerusakan pada mobil, biasanya akan diperbaiki dengan menggunakan las. Bagian yang sering di las adalah kerangka mobil. 

    Kerusakan luar pada mobil bekas tabrakan mungkin bisa diakali sehingga tidak Nampak. Namun, untuk bekas las biasanya sangat jelas terlihat. Untuk itu, Anda harus memeriksa betul detail-detail mobil termasuk bagian pilar mobil.

    5. Bagian Kaca Mobil Tampak Tidak Tepat

    Kaca mobil adalah salah satu sasaran jika terjadinya benturan. Tentunya jika mengalami kerusakan kaca ini akan diganti dengan yang baru. Namun, ada beberapa letak kaca yang tidak tepat. Ini dapat menandakan kaca mobil pernah diganti sebagai akibat pernah terjadi tabrakan.

    Anda harus memeriksa setiap dengan melihat kaca mobil secara langsung. Kaca yang tidak tepat penempatannya dapat memberikan dampak buruk lainnya. Kaca akan mudah rusak dan air hujan juga dapat masuk melalui celah kaca.