Berita

    Featured Image

    Bahaya Knalpot Bocor: Kenali Dampaknya pada Kesehatan dan Lingkungan

    Suara knalpot bocor yang bising tentunya sangat mengganggu pendengaran. Jika dibiarkan dalam waktu lama dan tidak segera diperbaiki bisa menimbulkan berbagai masalah, baik bagi kendaraan itu sendiri, pengendara, bahkan pengguna jalan lainnya. 

    Untuk itu, penting bagi pemilik kendaraan baik motor maupun mobil untuk melakukan perawatan knalpot secara rutin. Sebenarnya, apa saja dampak knalpot yang bocor dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal tersebut? Berikut informasinya.  

    Mengenal Bahaya Knalpot Bocor Bagi Kesehatan dan Lingkungan

    Secara teknik, knalpot merupakan saluran pembuangan sisa hasil pembakaran mesin. Apa jadinya jika kendaraan tidak memiliki knalpot, tentunya gas buang otomatis akan langsung keluar tanpa ada halangan. 

    Agar lebih memahami dampaknya, berikut bahaya dari knalpot yang bocor bagi kesehatan dan lingkungan. 

    1. Kesehatan 

    Dari segi kesehatan, kebocoran knalpot yang terjadi pada mobil Anda akan membuat gas buang (termasuk karbon monoksida) masuk ke ruang kabin mobil. 

    Dampak negatif dari masuknya karbon monoksida (CO) diantaranya adalah menyebabkan pengemudi dan penumpang merasa pusing, sakit kepala, dan  mual. 

    Dalam kasus ekstrem, paparan gas CO yang berlangsung dalam waktu lama bisa berujung pada kematian. 

    1. Kerusakan Lingkungan

    Knalpot yang bocor juga memberikan dampak yang negatif bagi lingkungan. Emisi gas buang yang tidak disaring dengan baik akan meningkatkan pencemaran udara. 

    Parahnya lagi, gas berbahaya tersebut juga bisa berkontribusi dengan polusi udara dan berbagai masalah lingkungan lainnya. Meningkatnya polusi udara secara umum akan berdampak negatif pada kualitas udara di lingkungan dan kesehatan masyarakat. 

    1. Kebisingan yang Berlebihan

    Kebocoran pada knalpot akan menimbulkan suara keras dan tidak normal. Akibat suara bising tersebut, Anda bisa dianggap melanggar peraturan kebisingan yang berlaku. 

    Sebab, suara berisik yang berlebihan tersebut selain mengganggu pengendara dan penumpang, juga membuat orang di sekitar lingkungan merasa tidak nyaman. 

    1. Penurunan Kinerja Mesin

    Dampak knalpot bocor bisa membuat kinerja mesin mobil menurun. Saat ini terjadi, maka mesin akan bekerja lebih keras sehingga membuat komponen yang ada pada mesin mengalami keausan yang berakibat pada semakin pendeknya usia pakai mesin. 

    1. Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

    Mesin yang kinerjanya tidak efisien akibat adanya kebocoran knalpot juga berdampak pada efisiensi bahan bakar yang kian menurun. Jika ini terjadi maka biaya operasional akan semakin meningkat karena Anda harus lebih sering mengisi bahan bakar. 

    1. Lampu Indikator Mesin Menyala

    Sebagian kendaraan modern telah dilengkapi dengan sensor pendeteksi jika ada masalah pada sistem knalpot. Kebocoran knalpot juga bisa memicu sensor tersebut sehingga menyala. 

    1. Potensi Terjadi Kebakaran

    Dampak berikutnya yang bisa terjadi adalah meningkatkan risiko kebakaran. Sebab, munculnya gas yang bocor yang sangat panas jika bersentuhan dengan bahan yang mudah terbakar berpotensi menimbulkan kebakaran. 

    Tips Mencegah Terjadinya Kebocoran Knalpot

    Untuk mencegah terjadinya kebocoran knalpot, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah: 

    1. Periksa kondisi knalpot secara berkala, terutama setelah berkendara melintasi area banjir atau berlumpur. 

    2. Segera perbaiki atau ganti komponen seperti seal atau gasket yang aus/rusak. 

    3. Menggunakan bahan bakar dan oli sesuai standar pabrik.

    4. Hindari melintasi jalan yang rusak, berbatu, dan bergelombang. 

    5. Hindari menggunakan knalpot modifikasi. 

    6. Segera lakukan perbaian apabila ditermukan tanda-tanda kebocoran knalpot. 

    7. Jika harus diganti, pastikan membeli knalpot standar sesuai pabrikan dan memasangnya menggunakan peralatan yang sesuai. 

    Sebenarnya, knalpot tidak membutuhkan perawatan yang rumit karena hanya perlu dibersihkan dan diperiksa kondisinya secara berkala. Jika terlanjur bocor, sebaiknya segera ganti dengan knalpot baru yang sesuai standar pabrikan.