Berita

    Ketahui Penyebab Suara Mesin Mendengung dan Solusinya

    Suara mesin mendengung ketika mobil sedang mengatasi medan tanjakan bisa dibilang normal. Namun, suara mesin mobil mendengung yang kerap muncul bisa jadi tanda adanya masalah pada komponen mesin mobil Anda.

    Terutama, bagi mobil yang sudah berumur. Hal ini tentu dapat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan Anda ketika berkendara. Lantas, apa saja penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya?

    Penyebab Suara Mesin Mendengung dan Solusinya

    Berikut 5 penyebab umum yang mengakibatkan adanya suara mendengung pada mesin mobil Anda.

    • Timing Belt Salah Pasang atau Aus

    Mobil akan mengeluarkan suara mendengung jika timing belt salah pasang atau disetel terlalu kencang. Hal ini bisa menyebabkan timing belt keluar dari posisinya, sehingga terjadi ketidakselarasan antara piston dan klep pada mesin mobil.

    Selain itu, timing belt yang sudah usang atau aus juga menjadi salah satu penyebabnya. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin melakukan pengecekan di bagian ini.

    Jika timing belt sudah termakan usia, sebaiknya langsung ganti dengan yang baru dan perbaikan komponen lain yang rusak akibat timing belt yang aus.

    • Kerusakan pada Bearing Roda

    Bearing atau laher roda yang rusak akan membuat mesin mobil mengeluarkan suara yang mendengung. Sebab, komponen ini bertugas untuk menjaga stabilitas roda mobil Anda.

    Jika rusak, suara mesin mobil akan jadi berisik dan terdengar kasar. Biasanya, suara keluar ketika kecepatan laju mobil berada di atas 40 km/jam.

    Solusinya, segera cek atau bawa mobil ke bengkel resmi terdekat agar bearing roda yang rusak bisa langsung diganti dengan yang baru.

    • Kerusakan Pada Gardan

    Mobil yang sering melintasi medan berat dan jalan buruk akan mempercepat kerusakan pada bagian gardan. Ketika gardan rusak atau aus, hal ini memicu suara mesin mendengung.

    Untuk menanganinya, Anda bisa melakukan dua hal. Pertama, gunakan pelumas yang kental. Hal ini bisa memperbaiki kerusakan secara sementara dan berlaku jika komponen seperti gigi pinion dan crown wheel masih bisa dipakai.

    Kedua, bawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat. Minta montir untuk membongkar gardan mobil dan lakukan penyetelan ulang. Lalu, ganti setiap komponen yang mengalami kerusakan.

    • Pompa Air yang Rusak

    Pompa air atau water pump mobil berfungsi untuk memompa cairan pendingin ke dalam mesin mobil. Jika rusak, maka mesin mobil akan mengalami panas berlebih dan memicu keluarnya suara dengung yang kasar dan berisik.