Berita

    Panduan Memilih Sarung Stir Mobil yang Tepat

    Kenyamanan saat berkendara bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah jenis sarung setir mobil yang Anda gunakan. Benda ini bisa berpengaruh besar pada kenyamanan Anda saat memegang kendali setir. 

    Itulah mengapa penting sekali untuk memilih jenis sarung setir yang tepat. Pastikan sarung tersebut bisa menutupi bagian setir mobil dengan sempurna dan nyaman di genggaman tangan Anda. 

    Tips Memilih Sarung Setir Mobil

    Anda bisa menemukan banyak pilihan produk sarung setir di toko offline maupun online saat ini. Namun pastikan untuk tidak sembarang memilih agar Anda bisa merasakan kenyamanan saat mengemudi. 

    Sarung atau cover setir merupakan salah satu bentuk aksesori yang tidak hanya bisa memberi kenyamanan tapi juga menambah estetika interior mobil Anda. Berikut ini beberapa tips memilih cover setir mobil yang bisa Anda lakukan. 

    • Sesuaikan dengan Interior Mobil

    Tips pertama, sebaiknya sesuaikan cover setir dengan interior mobil yang Anda gunakan. Tujuannya agar cover setir ini tidak merusak estetika interior mobil setelah dipasang nanti. 

    Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan jika Anda adalah tipe orang yang sangat mementingkan tampilan mobil. Pilihlah warna dan desain cover setir yang cocok dengan gaya interior mobil Anda. 

    • Pilih Desain yang Sederhana

    Sangat disarankan untuk memilih cover mobil dengan desain yang sesederhana mungkin. Apapun konsep desain dan warnanya, lebih baik pastikan tetap simple atau sederhana. 

    Menggunakan cover setir yang modelnya terlalu ribet ternyata bisa mempersulit Anda sendiri saat mengemudi. Anda bisa saja tidak fokus karena cover setir yang dipegang membuat perhatian Anda teralihkan. 

    Selain itu warna dari cover setir juga sebaiknya jangan terlalu mencolok. Meskipun Anda lebih baik memilih sesuai selera pribadi namun akan jauh lebih baik jika warnanya tidak mencolok agar tidak mengganggu konsentrasi. 

    • Pastikan Ukurannya Sesuai

    Tips memilih sarung setir mobil berikutnya adalah cek dulu ukuran produk yang akan dibeli. Ukuran sarung setir ternyata sangat bervariasi dan menyesuaikan jenis kemudi yang ada di mobil Anda. 

    Ada 2 tipe ukuran sarung setir yang bisa Anda temukan di pasaran yaitu tipe S dan M. Tipe S memiliki diameter kurang lebih 35-37cm sedangkan tipe M memiliki ukuran lebih besar dengan diameter 37-39cm. 

    Sebelum Anda membeli sarung setir, pastikan dulu ukurannya sudah pas. Caranya mudah, Anda bisa mengukur jarak antara sisi terluar setir yang berseberangan. 

    Selain itu Anda juga bisa melihat ukurannya langsung lewat situs resmi pabrik mobil yang Anda pakai. Perhatikan juga bentuk setir atau kemudi di mobil karena ada beberapa tipe mobil yang bentuk setirnya berbeda dan cukup unik. 

    • Pilih Jenis Bahan yang Tepat

    Jangan lupa pilihlah sarung setir yang terbuat dari bahan berkualitas. Tentunya kualitas bahan akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda saat memegang kemudi nantinya. 

    pilih bahan yang tepat

    Unsplash.com

    Jenis bahan yang bisa Anda temukan mungkin sangat beragam. Mulai dari kulit asli, kulit sintetis, dan lain sebagainya. Selain harus nyaman digenggam, materialnya juga perlu punya sirkulasi udara yang baik agar tidak merusak kemudi. 

    • Cari Rekomendasi Dulu

    Tidak ada salahnya untuk mencari rekomendasi produk sarung setir yang bagus terlebih dahulu. Anda juga bisa mencari referensi model sarung setir sesuai tipe mobil yang Anda gunakan. 

    Ini akan mempermudah Anda untuk mendapatkan produk cover setir yang berkualitas bagus dan tampilannya juga memuaskan. Bertanya kepada teman atau keluarga mengenai hal ini juga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda.