Berita

    Penting! Solusi Penyebab Setir Mobil Terkunci

    Anda mungkin pernah mengalami setir mobil terkunci secara tiba-tiba tanpa tahu penyebabnya. Wajar apabila terjadi serangan panik karena kondisi tersebut membuat setir tidak bisa diputar ke arah manapun. 

    Ditambah lagi kunci kontak juga tidak bisa diputar untuk menyalakan mesin padahal sedang buru-buru sehingga membuat Anda bertambah bingung. Sebenarnya, Apa yang menyebabkan setir mobil bisa tiba-tiba terkunci dan bagaimana solusi untuk hal ini? Berikut informasinya!  

    Penyebab Setir Mobil Terkunci 

    Tidak usah panik kunci kontak tidak bisa diputar dan setir pun tiba-tiba terkunci. Ada beberapa hal yang membuat setir mobil bisa terkunci, antara lain: 

    • Bagian dari Sistem Keamanan 

    Setir mobil yang tidak bisa digerakkan pada saat sedang parkir merupakan bagian dari sistem keamanan yang memang disematkan. Informasi inilah yang jarang diketahui oleh pemilik mobil, sehingga panik ketika kemudi menjadi terkunci. 

    Tujuan dari sistem keamanan yang disebut dengan steering lock adalah untuk meminimalisir tindakan pencurian. Sistem ini akan bekerja ketika mobil telah terparkir dan mesin dalam kondisi mati. 

    Kemudi akan otomatis terkunci setelah kunci kontak dicabut lalu memutar setir ke kiri atau ke kanan 50-60 derajat.

    • Kunci Mobil Kotor

    Penyebab kedua dikarenakan kunci mobil yang tidak terawat. Akibatnya, banyak debu dan kotoran yang menempel di bagian kunci sehingga membuat bagian kemudi menjadi terkunci. 

    • Pompa Power Steering Mati

    Penyebab ketiga yang membuat setir mobil tiba-tiba terkunci adalah power steering yang mati. Jika power steering mati atau rusak, maka bagian kemudi mobil pun menjadi susah untuk digerakkan. 

    Salah satu yang menjadi pemicu rusaknya komponen ini adalah sering mematikan mesin mobil secara tiba-tiba. 

    • Menikung Terlalu Tajam

    Penyebab terakhir setir mobil menjadi terkunci adalah kebiasaan negatif dalam mengendalikan kemudi ketika melewati tikungan. Jika Anda menikung terlalu tajam pada saat berbelok, hal ini bisa membuat bagian kemudi akan cepat rusak. 

    Cara Mengatasi Setir Mobil yang Terkunci

    Kondisi setir mobil terkunci membuatnya tidak bisa digerakkan ke kanan ataupun ke kiri. Untuk mengatasinya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan yaitu:

    • Memasukkan kunci kontak ke celah pengapian. Apabila bisa diputar, maka kunci setir akan terbuka. 
    • Putarlah kunci secara perlahan dengan sedikit menekannya. 
    • Memutar kemudi ke posisi yang terkunci secara maksimal lalu menekan setir mobil ke arah yang berlawanan.