Berita

    Simak Penyebab Mesin Mobil Mati

    Meski sudah dicek atau bahkan dipanaskan dengan baik sebelum dipakai, mesin mobil mati mendadak saat perjalanan masih bisa terjadi. Hal ini tentunya sangat membahayakan, apalagi jika Anda berada di jalan ramai atau jalan tol yang sulit untuk berhenti.

    Mesin mobil yang mati mendadak juga akan membuat Anda panik, namun sebaiknya Anda tetap tenang dan minta bantuan untuk menepikan mobil. Penyebab mobil bisa mengalami mesin mati sendiri tak hanya kehabisan bensin saja.

    Macam-macam Penyebab Mesin Mobil Mati

    Berikut beberapa hal yang menyebabkan mesin mobil bisa mati mendadak yang perlu Anda ketahui.

    • Bahan Bakar Habis

    Masalah paling umum yang menjadi penyebab mesin mobil mati adalah karena kehabisan bahan bakar. Bisa jadi karena saking sibuknya, Anda sampai lupa mengisi bahan bakar mobil Anda.

    Selain itu, rusaknya indikator bensin pada mobil juga bisa menyebabkan Anda mengira jika bensin masih ada padahal ternyata sudah habis. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengecek tangki bahan bakar mobil Anda secara manual jika indikator ternyata mati. 

    Tak hanya karena kehabisan bahan bakar, mobil yang mati juga bisa disebabkan karena pompa atau selang bahan bakar mengalami kerusakan sehingga aliran bensin pada mesin terganggu dan mobil tidak bisa menyala. Jika hal ini terjadi maka Anda perlu menghubungi profesional.

    • Masalah Pada Aki

    Hal yang menjadi penyebab kenapa mesin mobil mati mendadak berikutnya yaitu karena tidak adanya suplai listrik pada mobil Anda. Masalah tersebut bisa terjadi karena alternator mobil Anda mengalami kerusakan. Alternator sendiri memiliki fungsi untuk menghasilkan daya pada aki. 

    Jika alternator rusak, maka aki tidak memiliki daya listrik yang bisa disalurkan pada sistem listrik mobil akibatnya mobil Anda mati. Inilah pentingnya untuk selalu mengecek kondisi sistem kelistrikan mobil Anda secara rutin.

    • Gangguan Sistem Pengapian

    Selain masalah pada pasokan listrik, masalah pada sistem pengapian juga bisa menyebabkan mobil Anda mengalami mogok. Sistem pengapian termasuk salah satu sistem penting dalam mendukung kinerja mesin mobil Anda. Jika sistem ini tidak bekerja maka tak heran jika mobil Anda akan mogok. 

    Salah satu tanda sistem pengapian mobil Anda terganggu adalah mobil tidak hidup saat kunci kontak diputar. Jika penyebabnya adalah pada sistem pengapian, maka Anda perlu memanggil tenaga bengkel.

    • Gangguan Starter Mobil