Berita

    Ternyata Segini Biaya Tune Up Mobil yang Harus Dikeluarkan Jika Performa Mobil Menurun

    Biaya tune up mobil seringkali dipertanyakan oleh mereka yang merasa performa mobil sudah menurun. Tune up adalah perawatan yang dilakukan pada mobil, setidaknya dilakukan setiap enam bulan sekali atau satu tahun sekali untuk menjaga performa mobil agar tetap baik.

    Secara umum, tune up juga termasuk dengan penggantian beberapa komponen pada mobil yang dirasa sudah tidak dapat berfungsi dengan optimal. Dengan begitu, mobil akan terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Apa Saja Komponen yang Diperiksa Saat Tune Up?

    Dari pengertian tune up sendiri saja adalah perawatan mobil, maka sudah pasti banyak komponen yang akan diperiksa. Berikut beberapa komponen yang diperiksa saat tune up mobil.

    1. Filter Udara

    Biasanya teknisi akan membersihkan filter udara. Jika keadaannya sudah sangat kotor, teknisi akan menggantinya dengan yang baru.

            2. Karburator dan Throttle Body

    Pemeriksaan ini hanya dilakukan pada mobil non injeksi. Biasanya setelah pemeriksaan karburator, RPM mobil akan direset ulang. 

            3. Celah Busi

    Celah busi biasanya telah disetel dari pabriknya. Namun akibat tekanan kompresi, celah busi dapat berubah. Teknisi akan mengecek celah busi dengan cara melihat api yang keluar. Jika api terlihat tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, maka mobil normal. 

            4. Celah Katup

    Celah katup akan disetel agar kembali ke posisi standar. Pemeriksaan ini hanya dilakukan pada mobil dengan sistem katup konvensional. 

            5. Aki

    Untuk aki regular, akan dilakukan pemeriksaan elektrolit untuk mengetahui apakah aki masih dalam keadaan baik atau tidak.

    Manfaat Tune Up Mobil

    Ada banyak manfaat yang akan diperoleh ketika Anda rajin tune up mobil. Beberapa manfaat tersebut yaitu sebagai berikut.

    1. Memaksimalkan Performa Mesin Mobil

    Fungsi utama dari tune up adalah untuk memaksimalkan performa mesin mobil. Itulah mengapa, mobil yang jarang melakukan perawatan akan rentan mengalami kerusakan. 

            2. Menghindari Kerusakan 

    Menjaga mobil agar selalu dalam keadaan baik, akan meminimalisir kerusakan pada mobil. Dengan begitu, biaya perawatan pun tidak akan terlalu besar.

            3. Memeriksa Saringan Udara

    Jika saringan udara pada mobil rusak, penumpang ataupun pengendara akan kepanasan saat di dalam mobil karena suhu udaranya meningkat. Itulah mengapa tune up itu penting.