Berita

    Featured Image

    Tombol-Tombol di Mobil Ini Harus Dijauhkan dari Anak

    Berkendara bersama anak-anak menggunakan mobil memang harus selalu penuh waspada. Penting bagi Anda untuk memastikan anak tidak menjangkau tombol-tombol di dashboard mobil secara sembarangan. 

    Anda tentu paham bahwa di bagian dashboard mobil terdapat banyak jenis tombol dengan fungsinya masing-masing. Tombol-tombol tersebut tidak seharusnya digunakan sembarangan demi memastikan keamanan selama berkendara. 

    Tombol-Tombol di Dashboard Mobil yang Harus Dihindari Anak

    Jika Anda membawa anak-anak berkendara menggunakan mobil, pastikan untuk tidak lengah. Anak-anak seringkali memiliki pergerakan yang cepat dan biasanya iseng memainkan tombol-tombol di sekitarnya. 

    Sebaiknya pastikan anak-anak tidak menekan beberapa tombol khusus di dashboard demi alasan keamanan. Berikut adalah tombol-tombol di dashboard mobil yang sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak:

    • Audio

    Pertama ada tombol audio yang dipakai untuk mengatur volume audio di dalam mobil.

    Pastikan anak-anak menjauhi tombol-tombol ini karena bisa saja mereka menekan volume terlalu kencang dan mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

    Hal ini mungkin terdengar sepele namun di saat-saat tertentu bisa saja volume audio yang terlalu kencang membuat fokus mengemudi jadi terganggu. Jadi sebaiknya langsung jauhkan anak dari tombol audio di mobil Anda. 

    • Airbag

    Salah satu dari tombol-tombol di dashboard mobil berikutnya yang harus dijauhkan dari anak-anak yaitu tombol airbag. 

    Tombol airbag tersedia di mobil Anda untuk tujuan keamanan. Tombol ini akan mengeluarkan airbag atau kantung udara saat mobil mengalami benturan atau guncangan keras. 

    Airbag atau kantung udara akan langsung menggembung ketika tombol ini ditekan. Seringkali pengguna mobil tidak menyangka bahwa anak-anak bisa menekan tombol tersebut dan mengeluarkan airbag secara tiba-tiba. 

    Jika hal ini benar-benar terjadi maka airbag di mobil Anda bisa langsung mengembang. Tentu saja hal tersebut akan mengganggu konsentrasi selama mengemudi dan bisa memicu kondisi yang fatal seperti kecelakaan. 

    • Tombol ABS

    Berikutnya ada tombol ABS yang juga perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak. ABS itu sendiri merupakan Anti Lock Brake System. Tombol ini memiliki peran penting terhadap fungsi pengereman mobil Anda. 

    Tombol ABS dipakai untuk mencegah rem mobil supaya tidak terkunci. Ini merupakan salah satu fitur keamanan yang bisa membantu Anda saat mengemudi. 

    Sebaiknya tombol ABS digunakan sesuai fungsinya di waktu yang tepat. Pastikan anak-anak tidak memainkan tombol ini secara sembarangan. 

    • Klakson

    Ada pula tombol klakson yang juga tidak boleh dimainkan oleh anak-anak. Tombol ini dipakai untuk membunyikan klakson pada saat-saat tertentu. Jika anak-anak menekannya secara sembarangan maka bisa cukup berbahaya. 

    Menyalakan klakson di saat yang tidak tepat bisa membuat orang lain merasa terganggu. Apalagi jika Anda sedang berada di area yang ramai oleh kendaraan lain. Bahkan hal ini bisa mengganggu konsentrasi pengemudi. 

    • Lampu Hazard

    Anda juga sebaiknya menjauhkan anak-anak dari tombol lampu hazard. Tombol yang satu ini dipakai untuk mengaktifkan lampu hazard. Lampu tersebut memiliki fungsi penting dalam kondisi darurat. 

    lampu hazard

    Biasanya lampu hazard harus dinyalakan saat mobil Anda berhenti di tengah jalan karena situasi tertentu. Tentu saja Anda harus menekan lampu ini di saat yang tepat demi keamanan bersama. 

    Menggunakan lampu hazard secara tidak bijak dan asal-asalan bisa mengganggu kenyamanan pengendara yang lain. Bahkan hal ini bisa mengancam pengguna jalan lainnya dan memicu hal-hal yang berbahaya. 

    Jauhkan anak Anda dari tombol-tombol di dashboard mobil tadi. Pastikan anak berada dalam pengawasan selama berkendara agar tidak mengganggu keamanan sendiri dan orang lain.