Berita

    Featured Image

    Roda Mobil Anda Masuk Selokan? Ini Cara Mengatasinya dengan Aman

    Segala hal bisa terjadi ketika dalam perjalanan karenanya Anda perlu selalu waspada saat mengemudi. Keadaan mengantuk, menghindari tabrakan atau cuaca yang buruk bisa menyebabkan kecelakaan seperti roda mobil masuk selokan.

    Lalu, apa yang harus dilakukan ketika mobil tidak sengaja masuk ke selokan? Tentu saja yang pertama Anda tidak boleh panik. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan ketika mobil jatuh ke selokan.

    Tips Mengatasi Roda Mobil Masuk Selokan dengan Aman

    Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mobil yang terjebak di selokan:

    • Cek Kondisi Penumpang

    Ketika Anda merasakan roda mobil terperosok ke selokan, hal pertama kali yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang. Jika Anda panik maka Anda bisa memperburuk kondisi Anda dan mobil Anda. 

    Jika Anda membawa penumpang, maka matikan mesin dan cek kondisi penumpang Anda serta pastikan keselamatan mereka. Apabila terdapat penumpang yang memerlukan pertolongan pertama maka segera hubungi ambulans. 

    • Keluar dari Mobil

    Cara mengatasi roda mobil masuk selokan berikutnya yaitu segera keluar dari dalam mobil karena semakin lama Anda di dalam mobil, maka mobil Anda akan semakin terperosok ke dalam selokan. 

    Jika kondisi selokan berair, maka mobil Anda bisa semakin tenggelam ke dalam air.

    Semakin terperosok ke dalam, tentu proses evakuasi akan semakin sulit dan kerusakan mobil Anda bisa semakin parah. Jika kondisi selokan dangkal, maka Anda bisa mengeluarkan barang-barang Anda untuk memudahkan proses evakuasi. 

    • Minta Bantuan

    Seperti yang Anda ketahui, mobil memiliki bobot yang berat sehingga akan sangat sulit jika Anda mencoba menarik mobil sendirian. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengevakuasi mobil Anda adalah meminta bantuan orang lain.

    Jika mobil Anda jatuh ke selokan yang dangkal, Anda bisa meminta warga atau pengendara sekitar untuk membantu menarik mobil Anda ke atas permukaan jalan. 

    Anda bisa menggunakan pasir, kayu atau kerikil supaya roda yang terperosok mendapat traksi. Kemudian gunakan tali untuk menarik body mobil ke permukaan jalan. 

    Namun apabila selokan terlalu dalam, maka satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi truk derek atau mobil crane. Mobil crane bisa mengangkat mobil Anda yang terperosok dengan cepat.

    Biaya jasa mobil crane sendiri tergolong terjangkau dan bisa mencegah bertambahnya kerusakan pada body mobil. 

    • Perawatan Mobil

    Setelah mobil Anda selesai dievakuasi, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kondisi mobil Anda secara keseluruhan terutama roda mobil Anda. Setelah mencuci mobil, salah satu servis yang perlu Anda lakukan adalah spooring balancing.

    Apa itu spooring balancing? Spooring balancing adalah perawatan roda supaya stabil dan nyaman saat berkendara. 

    Saat terperosok, roda mobil Anda bisa tidak seimbang. Dengan melakukan spooring, maka posisi roda mobil Anda bisa dikembalikan sesuai dengan setelan pabrik. 

    Selain melakukan spooring, Anda juga perlu melakukan balancing. Balancing sendiri adalah upaya menyesuaikan atau menyeimbangkan antara roda bagian kiri dan roda bagian kanan. Biasanya proses ini dilakukan sesudah penggantian ban atau velg. 

    Apabila mobil Anda terperosok ke dalam selokan, Anda bisa melakukan servis spooring balancing dan perbaikan komponen mobil lain dengan membuat jadwal servis di suzukipinang.com