Berita

    Kenali 7 Tips Sederhana Menghemat Bensin Mobil

    Ada banyak metode atau cara menghemat bensin yang saat ini ditempuh oleh para pemilik mobil. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata ada cara mudah untuk menghematnya tanpa perlu menggunakan alat penghemat BBM?

    Ada beberapa tips yang menekankan pada kebiasan baik untuk menghematnya tanpa perlu mahal-mahal membeli alat tertentu. Untuk yang penasaran ingin tahu caranya, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

    Cara Menghemat Bensin untuk Mobil

    Ada banyak solusi mudah untuk menghemat penggunaan bahan bakar pada mobil. Berikut sudah kami rangkum apa saja cara-cara yang bisa Anda aplikasikan untuk menghematnya.

            1. Pacu Mobil dengan Kecepatan yang Stabil

    Tips menghemat bensin mobil yang pertama ternyata merupakan teknik yang tidak sulit untuk diaplikasikan. Caranya adalah dengan berkendara atau menggunakan mobil dengan kecepatan yang stabil.

    Contohnya pada saat mobil melaju di jalan tol atau bebas hambatan. Pada saat kondisi mobil dipacu dengan kecepatan yang stabil, maka mobil akan lebih irit BBM dibandingkan pada saat terjebak di situasi macet.

            2. Memanfaatkan Fitur Cruise Control

    Cara menghemat bensin selanjutnya ini hanya bisa dilakukan pada mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur cruise control. Fitur ini berfungsi untuk menjaga kecepatan mobil agar tetap stabil.

    Gunakan fitur ini pada situasi yang memungkinkan, salah satu contohnya seperti di jalan bebas hambatan. Semakin sering Anda memanfaatkannya, maka semakin irit bahan bakar yang dikeluarkan.

            3. Service Mobil secara Teratur di Bengkel Resmi

    Performa mesin menjadi salah satu faktor untuk menghemat BBM. Mesin mobil yang prima terbukti bisa menghemat BBM pada mobil. Sementara di sisi lain, mesin mobil yang bermasalah berpotensi membuat mobil menjadi boros BBM.

            4. Menghindari Kawasan yang Macet

    Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, tips menghemat bensin mobil berkaitan juga dengan jalur atau jalan yang Anda pilih. Di jalur yang lancar seperti jalan bebas hambatan, mobil relatif lebih hemat penggunaan bahan bakar.

    Maka dari itu, usahakanlah untuk menghindari jalanan yang macet. Cari di Google Maps jalur yang tidak macet untuk mempermudah pencarian jalan yang tepat.