Berita

    Ketahui Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru

    Seiring perkembangan zaman, sekarang bahan dasar plafon mobil semakin beragam salah satunya adalah plafon mobil beludru. Bahan ini dipilih karena tampilan yang dihasilkan lebih rapi, elegan dan bagus untuk dekorasi mobil. 

    Karena bahannya yang unik, jika Anda ingin memasang plafon mobil beludru atau memang sudah memilikinya, Anda juga harus tahu cara membersihkannya dengan maksimal. 

    Plafon mobil, terutama plafon dari bahan beludru lebih rentan tertutup debu dan kotoran. Bahan ini juga mudah menyerap bau asap atau bau tidak sedap setelah beberapa lama digunakan. Oleh karena itu, bagian ini perlu dirawat dan dibersihkan secara berkala.

    Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru:

    Untuk membersihkan plafon mobil dari bahan beludru secara sederhana di rumah, pemilik mobil perlu mengetahui beberapa cara sebagai berikut:

    • Bersihkan Menggunakan Kain Kering


    Bahan beludru memiliki serat-serat yang padat dan terikat satu sama lain. Jika plafon mobil Anda hanya kotor karena debu kering, Anda cukup membersihkannya menggunakan kain kering yang lembut untuk menyeka kotoran di langit-langit mobil.

    • Bersihkan Menggunakan Larutan Pembersih Khusus

    Anda sebagai pemilik mobil dapat menggunakan larutan pembersih plafon mobil atau solusi pembersih interior yang cocok untuk bahan plafon beludru. 

    Penggunaan larutan pembersih akan membantu Anda membersihkan secara mendalam noda yang sudah lama menempel di plafon mobil.

    Jika plafon mobil Anda kotor karena terkena noda minyak, pemilik mobil bisa menggunakan kain lembut yang dicelupkan ke dalam campuran air dan larutan cuka. 

    Namun ingat, cuka yang diberikan tidak perlu terlalu banyak. Cukup dengan perbandingan 3:1 lalu usapkan kain yang sudah terendam larutan air dan cuka pada noda membandel hingga bersih.

    • Keringkan Plafon Menggunakan Pengering Khusus

    Gunakan kain lembut untuk menyeka larutan yang baru saja disemprotkan pada plafon mobil ini adalah jenis pengering paling murah yang bisa Anda dapatkan. 

    Selain itu Anda juga bisa menggunakan angin alami untuk mengeringkan plafon. Tinggal buka pintu mobil dan biarkan angin dan hawa panas masuk dan plafon akan kering dengan sendirinya. 

    Namun lebih bagus Anda mengeringkan plafon dengan pengering khusus seperti kain kanebo agar tidak terkontaminasi kotoran dari luar. 

    • Pasang Pewangi atau Parfum di dalam Mobil