Berita

    Featured Image

    Sering Abai! Ini Aturan Dasar Mengemudikan Mobil di Jalan

    Mobil sudah menjadi kendaraan yang sangat umum di jalan raya. Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang mengabaikan aturan dasar mengemudikan mobil di jalan.

    Supaya bisa meminimalisir hal ini, penting bagi Anda mengetahui aturan apa saja yang wajib ditaati. Intip selengkapnya dalam artikel kali ini dan jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan bersama!

    Aturan Dasar Mengemudikan Mobil di Jalan

    Di bawah ini adalah berbagai aturan dasar yang penting untuk dipatuhi oleh setiap pengemudi kendaraan mobil.

    • Wajib Mempunyai SIM

    Jika akan mengendarai kendaraan bermotor, salah satunya mobil, maka Anda wajib untuk memiliki Surat Izin Mengemudi atau yang disingkat SIM.

    Ini merupakan surat izin yang diterbitkan oleh kepolisian setelah calon pengemudi menjalani berbagai proses sesuai dengan aturan yang berlaku.

    Proses tersebut menyangkut kelengkapan administrasi, ujian tertulis, ujian praktik, pemeriksaan persyaratan usia, serta pemeriksaan kesehatan.

    Dengan adanya serangkaian proses pembuatan SIM, maka setiap orang yang memiliki surat izin tersebut memang dinyatakan layak untuk mengendarai mobil.

    Jadi, jika Anda ingin berkendara, pastikan memiliki SIM terlebih dahulu. Ini adalah aturan dasar yang tidak boleh Anda abaikan!

    • Pakai Sabuk Pengaman

    Sabuk pengaman merupakan fitur penting yang wajib untuk digunakan setiap pengendara, bahkan jika hanya berkendara dalam waktu singkat.

    Jadi, jangan sampai Anda melupakan hal penting yang satu ini, karena sesuai namanya, sabuk inilah yang akan mengamankan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

    • Berikan Sinyal jika akan Berbelok

    Di mobil, terdapat berbagai jenis lampu dengan fungsinya masing-masing. Tidak hanya sebagai penerangan, ada pula lampu yang memiliki peran untuk memberikan isyarat.

    Lampu isyarat atau lampu sen dapat membantu Anda berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. Ini adalah lampu yang perlu dinyalakan ketika akan berbelok, berbalik arah, atau berpindah jalur.

    Gunakan lampu ini sesuai dengan arahnya, jika akan berbelok ke kiri, maka nyalakan lampu sen kiri, begitu pula sebaliknya. Jangan sampai salah menyalakan lampu ini karena dapat membuat pengguna jalan lain bingung dan bisa berbahaya.

    • Patuhi Rambu Lalu Lintas

    Patuhi Rambu Lalu LintasPexels.com

    Tentu saja, aturan dasar mengemudikan mobil di jalan adalah wajib mematuhi rambu lalu lintas. Ada berbagai jenis rambu, termasuk rambu peringatan, rambu larangan, rambu perintah, rambu nomor rute, dan rambu papan tambahan.

    Sebelum Anda berkendara, pastikan bahwa sudah memahami setiap jenis rambu lalu lintas. Selanjutnya, rambu tersebut harus dipatuhi dengan baik, demi keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

    • Patuhi Batas Kecepatan

    Masih berkaitan dengan rambu lalu lintas, salah satu hal yang umumnya diatur dalam rambu yakni batas kecepatan.

    Setiap jenis jalan bisa memiliki batas kecepatannya masing-masing dan hal ini penting untuk dipatuhi. Batas ini sudah disusun demi keselamatan setiap pengguna jalan, sesuai dengan situasi dan kondisi.

    Jadi, jika Anda melanggarnya, maka dapat menjadi hal yang sangat berbahaya bagi banyak orang, termasuk diri sendiri.

    • Hormati Pesepeda dan Pejalan Kaki

    Selanjutnya, penting bagi Anda untuk menghormati para pesepeda dan pejalan kaki. Keselamatan mereka perlu menjadi perhatian bagi setiap pengendara mobil.

    Jadi, jangan lupa jaga jarak aman jika ada pejalan kaki atau pesepeda di sekitar Anda ketika berkendara.

    Meski sebenarnya sudah menjadi aturan yang cukup umum, namun berbagai hal di atas masih kerap diabaikan atau dilanggar oleh banyak pengemudi. Padahal, hal ini dapat memicu berbagai kondisi yang tidak diinginkan, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.