Berita

    Tips Liburan Berkeliling Kota dengan Mobil Bersama Keluarga

    Ketika hampir memasuki musim liburan, mungkin saja Anda sudah membuat berbagai rencana menarik yang akan dilakukan bersama keluarga. Maka dari itu, berbagai tips liburan pun bisa menjadi referensi penting bagi Anda.

    Jika ingin berlibur berkeliling kota dengan menggunakan mobil, maka ada berbagai tips pula yang bisa Anda ikuti, terlebih jika itu adalah liburan keluarga.

    Tips Liburan dengan Mobil

    Sebenarnya, ada berbagai jenis alat transportasi yang bisa digunakan sebagai alternatif liburan. Namun, memakai mobil pribadi seringkali menjadi pilihan menarik, karena Anda jadi bisa berkeliling atau menuju tempat liburan dengan mudah dan fleksibel.

    Hal ini tentunya berbeda dengan memakai alat transportasi umum, di mana Anda harus memperhatikan jadwal, rute, serta berbagai risikonya.

    Meski demikian, tetap ada berbagai hal yang sebaiknya Anda perhatikan jika ingin berlibur dengan mobil, misalnya tips di bawah ini:

    • Buat  Rencana Terbaik Anda

    Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai perjalanan yaitu membuat rencana terbaik. Pastikan Anda akan berkeliling kota dengan tujuan apa saja, akan memakai rute mana saja, dan buat juga jadwal liburan yang sesuai dengan harapan.

    Dengan adanya rencana yang telah tersusun, maka liburan Anda akan lebih optimal, karena telah dipersiapkan dengan baik. Ketahui juga dimana rencana Anda akan beristirahat atau mengisi bensin jika memang diperlukan.

    • Pastikan Anda dan Keluarga Berada dalam Kondisi Sehat

    Tips liburan kedua yaitu memastikan kondisi Anda dan semua anggota keluarga yang akan pergi berlibur. Pastikan semua berada dalam kondisi tubuh yang sehat, terlebih pengemudi yang akan menggunakan banyak waktu dan tenaganya.

    • Pastikan Pengemudi dalam Kondisi Fit

    Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kali ini sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan kondisi pengendara. Jika sudah mulai kurang fokus atau lelah, maka sebaiknya segera ambil waktu istirahat.

    Pastikan bahwa Anda bisa menyetir dengan fokus dan aman, jangan terlalu terburu-buru. Maka dari itu, perencanaan liburan pun menjadi sorotan penting di sini, sehingga waktu perjalanan pun bisa diperhatikan dengan baik.

    • Pastikan Kondisi Kendaraan

    Selanjutnya, jangan lupa pastikan bahwa kondisi kendaraan sudah cukup prima. Lakukan pengecekan terhadap berbagai komponen, misalnya oli, tekanan ban, radiator, aki, dan sebagainya.

     

    Freepik.com

    Pastikan juga bensin yang ada telah cukup untuk memulai perjalanan, lalu sebaiknya Anda juga memperkirakan kapan dan dimana akan mengisi bensin jika memang diperlukan.

    Lalu, untuk mengantisipasi masalah kondisi kendaraan, sebaiknya Anda siapkan dana darurat untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu di tengah liburan.

    • Pastikan Keselamatan dengan Memakai Sabuk Pengaman

    Dalam setiap perjalanan, keselamatan tentunya menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Maka dari itu, pastikan pengemudi dan setiap penumpang terjaga dengan baik, salah satunya dengan memakai sabuk pengaman.

    Hal ini memang seringkali disepelekan bagi sebagian orang, terutama untuk kursi penumpang di bagian belakang, padahal ini sangat penting bagi keselamatan Anda dan meminimalisir berbagai risiko di perjalanan.

    • Manfaatkan Lampu Mobil dengan Tepat

    Ada berbagai jenis lampu pada mobil Anda yang memiliki fungsi berbeda untuk setiap jenisnya. Hal ini penting untuk menjadi perhatian bagi setiap pengendara, karena setiap lampu tersebut perlu digunakan dengan tepat dan bijak.

    Misalnya, untuk penggunaan lampu hazard, pastikan bahwa lampu ini hanya dipakai dalam kondisi darurat, jangan dipakai secara asal-asalan.

    Lalu, tentang lampu sorot, hindari penggunaannya di keramaian, sehingga hal ini sangat penting diperhatikan jika berlibur ke kota.

    Itulah berbagai tips yang bisa Anda lakukan jika ingin menjalani liburan menyenangkan bersama keluarga dengan memakai mobil.