Berita

    Tips Mengatur Sorot Lampu pada Mobil

    Ketika berkendara di malam hari, peran sorot lampu mobil menjadi krusial untuk keamanan dan kenyamanan. Sorot lampu yang tepat tidak hanya memastikan visibilitas yang optimal bagi pengemudi, tetapi juga dapat meningkatkan keamanan bagi pengguna jalan lainnya. 

    Oleh karena itu, sebelum berkendara, pastikan sorot lampu pada mobil sudah tepat. Supaya visibilitas Anda saat mengemudi juga sesuai dengan kebutuhan. 

    Langkah-Langkah Mengatur Ketinggian Sorot Lampu Mobil

    Tahukah Anda jika ada aturan soal sorot lampu pada mobil? Pada Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2015 tentang kendaraan, jarak ideal sorotan lampu adalah sekitar 40 meter ke depan. Berbeda dengan sorot lampu utama, jarak idealnya yakni 100 meter. 

    mengatur sorot lampu

    Pada aturan yang sama juga disebutkan bahwa lampu mobil ini idealnya dipasang tidak lebih dari 1.500 milimeter dari permukaan jalan. Kemudian sebaiknya tidak lebih dari 400 milimeter dari bagian terluar kendaraan.

    Berdasar aturan tersebut, berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang dapat membantu Anda mengatur ketinggian lampu pada mobil dengan benar:

    • Temukan Dinding atau Bidang Datar

    Sebelum mengatur ketinggian lampu, sebaiknya Anda mencari tempat dengan permukaan rata. Kemudian temukan bidang datar seperti garasi atau dinding gedung untuk melakukan pengukuran. 

    Pastikan mobil berada pada permukaan yang datar dan stabil. Kemudian sebaiknya lakukan pada tempat yang minim cahaya, seperti saat malam hari. 

    Lalu atur jarak mobil setidaknya 7 sampai 7,5 meter dari tembok. Poin referensi ini nantinya akan membantu Anda menentukan tingkat ketinggian lampu yang ideal.

    • Hidupkan Sorot Lampu Mobil

    Untuk membantu dalam mengatur ketinggian, Anda perlu menghidupkan lampu mobil. Kemudian amati secara teliti titik fokusnya antara sisi kanan dan kiri. Periksa apakah memiliki ketinggian yang sama atau tidak.

    Apabila terdapat perbedaan, misalnya terlalu tinggi atau rendah, Anda bisa mulai melakukan pengaturan. Caranya dengan membuka kap mobil dan kemudian mulai melakukan pengaturan sesuai langkah-langkah pada poin berikutnya.

    • Pasang Isolasi Hitam

    Tips mengatur sorot lampu mobil berikutnya yakni dengan memasang terlebih dahulu isolasi berwarna hitam di tembok. Pastikan posisi isolasi hitam ini sejajar, untuk memudahkan Anda. Tujuannya untuk mengukur lebih tepat ketinggian lampu.

    Hal ini juga sebagai cara untuk memastikan jika pengamatan Anda mengenai sorot lampu sudah benar. Ada ketidak tepatan atau bahkan sudah tepat. 

    • Mulai Atur Ketinggian 

    Saat Anda mulai menemukan perbedaan ketinggian, mulai lai membuka kap mesin mobil. Putarlah sekrup pada bagian atas, mengikuti arah jarum jam untuk sorot lampu yang vertikal. Sementara untuk yang horizontal, putarlah sekrup bagian samping.

    Sebaiknya jika Anda sedang mengatur satu lampu, tutup lampu yang tidak disetel dengan sehelai kain. Supaya Anda tidak bingung dalam mengatur sorot lampu ini. Lakukan secara teliti supaya hasilnya lebih tepat!

    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengatur ketinggian lampu pada mobil Anda sendiri. Setelah mengatur ketinggian lampu sesuai dengan panduan, uji coba kendaraan Anda di jalan raya yang datar dan stabil. 

    Amati sorot lampu pada jalan dan pastikan bahwa lampu tidak menyilaukan pengemudi lain di depan atau merugikan visibilitas Anda sendiri.

    Apabila kesulitan, sebaiknya pergilah ke bengkel terdekat untuk mengatur sorot lampu mobil dengan bantuan mekanik profesional.