Berita

    Tanda-tanda Harus Segera Ganti Oli Mobil

    Sebagai pemilik mobil, sudah sepantasnya Anda memperhatikan tentang berbagai perawatan mobil. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah melakukan ganti oli mobil secara rutin, sehingga performa mobil tetap optimal.

    Terdapat berbagai tanda yang bisa Anda perhatikan supaya oli tetap terganti dengan rutin dan tepat. Tidak hanya berpatok pada kilometer yang telah ditempuh, namun berbagi tanda lainnya juga perlu menjadi perhatian Anda.

    Tanda-tanda Harus Ganti Oli Mobil

    Berikut adalah berbagai tanda yang bisa Anda jadikan patokan untuk melakukan penggantian oli, perhatikan dengan baik setiap tandanya.

    • Sesuai Jadwal di Kartu Servis

    Hal paling dasar dalam mengatur jadwal penggantian oli mobil adalah dengan memperhatikan kartu servis mobil Anda. Dengan memperhatikan dan mematuhi jadwal tersebut, maka Anda bisa mengganti oli secara rutin.

    Namun, perlu diketahui bahwa jarak tempuh bukanlah satu-satunya indikasi untuk melakukan ganti oli. Terdapat berbagai hal lainnya yang juga pantas untuk Anda perhatikan dengan baik, sehingga tidak terlambat dalam menggantinya.

    • Lampu Indikator Oli Menyala

    Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah terkait lampu indikator oli. Jika Anda melihat lampu ini menyala, maka itu pertanda bahwa terdapat masalah pada oli mobil.

    Anda bisa melihat simbol corong dan tetesan oli pada indikator tersebut. Biasanya, jika perlu memberi peringatan, maka akan menyala lampu warna kuning.

    Jika ada lampu peringatan tersebut ketika Anda menyalakan mesin mobil, maka sistem oli mobil kemungkinan telah mengalami masalah dan harus segera diperiksa.

    • Warna Oli Sudah Hitam dan Keruh

    Jika kondisi oli masih bagus, maka warnanya adalah coklat kekuningan. Ketika sudah lama dipakai, maka warnanya bisa berubah menjadi keruh.

    Perubahan tersebut terjadi karena oli telah mengalami berbagai kontaminasi dengan panasnya mesin mobil. Warna yang awalnya bening, menjadi lebih gelap dan keruh.

    Jika Anda mengecek oli dan menemukan warna oli yang sudah hitam dan keruh, maka sebaiknya Anda melakukan penggantian oli. Dengan begitu, mesin mobil juga dapat terlindungi dari berbagai gesekan.

    • Banyak Oli yang Rembes atau Menetes

    Jika terdapat banyak oli yang rembes atau menetes, maka oli mobil dapat berkurang secara tidak wajar. Bisa jadi, ada mesin yang rusak dan perlu segera diperbaiki.