Berita

    Featured Image

    Tips Menggunakan Tombol Starter Mobil dengan Benar

    Tombol starter mobil merupakan teknologi terkini yang memudahkan pengendara mobil ketika ingin menyalakan dan menjalankan mobilnya. Teknologi satu ini telah banyak diterapkan pada berbagai edisi mobil terbaru. 

    Melalui tombol starter, maka Anda tidak memerlukan kunci lagi agar mobil menyala. Anda tinggal pencet saja tombol starter yang tersedia, lalu mobil pun akan menyala. Untuk mengoptimalkan penggunaan tombol starter, mari simak berbagai tips yang tersedia berikut ini:

    6 Tips Menggunakan Tombol Starter Mobil dengan Benar

    Menyalakan mobil kini lebih praktis dengan tersedianya tombol starter pada mobil. Pastikan Anda menggunakannya dengan benar melalui penerapan tips-tips di bawah ini:

    • Mengantongi Kunci Remote

    Anda perlu memiliki kunci remote sebelum menyalakan mobil dengan tombol starter. Kunci harus berada dalam jangkauan Anda, jadi sebaiknya kantongi kunci agar proses awalnya lebih praktis. 

    • Melihat Lampu Indikator

    Saat Anda sudah memasuki kabin, sebaiknya tidak menyalakan mobil secara langsung setelahnya. Namun, Anda perlu memerhatikan lampu indikator yang letaknya dekat dengan speedometer. 

    Lihat apakah muncul indikasi malfungsi terlebih dahulu. Biasanya, malfungsi komponen mobil akan ditandai oleh lampu indikator yang terus berkedip. 

    Bila Anda telah memastikan seluruh indikator normal dan tidak ada peringatan, artinya Anda dapat menjalankan mobill dengan baik. 

    • Memosisikan Tuas Transmisi dengan Benar

    Mobil dengan tuas transmisi manual serta mobil dengan transmisi otomatis (matic) memiliki perbedaan ketika dinyalakan dengan tombol starter. 

    Lebih jelasnya, mobil bertransmisi matic harus memosisikan tuas transmisi pada P (Parking). Ini dilakukan agar menjadi tindakan pengamanan, jadi ketika mobil dinyalakan tidak melompat maju atau pun mundur. 

    Sementara itu, mobil yang bertransmisi manual harus memosisikan gigi di Netral (N). tujuannya sama dengan mobil bertransmisi matic, yaitu agar mobil tidak berisiko loncat saat Anda nyalakan. 

    Pada mobil edisi terbaru, mobil akan gagal menyala apabila tuas transmisi tidak berada pada posisi Parking (P). 

    • Menginjakkan Kaki ke Pedal

    Tips menggunakan tombol starter mobil dengan benar selanjutnya adalah menginjakkan kaki pada pedal. Serupa dengan posisi tuas transmisi, menginjakkan kaki pada pedal pun berbeda antara mobil manual serta otomatis.

    Pada mobil dengan transmisi otomatis atau matic, maka Anda harus menginjakkan kaki pada pedal rem. Menginjak pedal rem bisa Anda lakukan sebelum memencet tombol starter pada mobil.

    Sedangkan, mobil yang menerapkan transmisi manual harus menginjak pedal kopling. Walau berbeda, tetapi alasan dari menginjakkan kaki ini memiliki satu alasan yaitu demi memastikan mobil tidak melompat ketika Anda nyalakan.

    • Menekan Tombol Starter

    Apabila Anda telah selesai melakukan berbagai tahap di atas, sekarang Anda sudah bisa menghidupkan mesin mobil dengan menekan tombol starter. Biasanya, tombol ini berada di samping speedometer sehingga tidak akan sulit menemukannya. 

    • Menunggu Hingga Mesin Panas 

    Langsung menjalankan mobil setelah menyalakannya adalah kesalahan yang masih sering dilakukan para pemilik mobil pada umumnya. Sebaiknya, Anda menunggu dan membiarkan mesin memanas terlebih dahulu. 

    Tunggu beberapa menit hingga seluruh pelumas yang ada pada ruang mesin dapat bekerja secara maksimal. Ini berlaku baik bagi mobil bertransmisi manual atau pun mobil bertransmisi otomatis. Bila langsung jalan, maka performa mesin mobil mungkin jadi tidak prima.