Berita

    Jangan Panik! Tips Menghadapi Rem Mobil Blong

    Rasa panik yang timbul saat mobil mengalami rem blong tidak akan menyelesaikan masalah. Panik secara berlebihan justru akan memperparah keadaan, salah satunya adalah bisa membuat Anda mengalami kecelakaan. 

    Kondisi rem mobil yang blong ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari minyak rem yang kurang berkualitas hingga mobil yang jarang diservis. Jika terlanjur terjadi, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan. 

    Apa saja penyebab rem mobil menjadi blong dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut informasinya!

    Penyebab Rem Blong yang Terjadi pada Mobil

    Sebelum mempelajari cara paling aman untuk mengatasi rem mobil yang blong, terlebih dahulu pelajari apa saja yang menjadi penyebabnya. Ada beberapa kondisi yang membuat rem menjadi ambles atau blong, diantaranya adalah sebagai berikut: 

    • Mobil Jarang Dirawat

    Kurangnya perawatan pada mobil khususnya di bagian sistem pengereman menjadi salah satu penyebab terjadinya rem blong. Untuk itu, jangan lewatkan jadwal servis agar performa mobil tetap optimal. 

    • Kekurangan Minyak Rem 

    Takaran minyak rem yang kurang pada mobil bisa menimbulkan masalah saat dikendarai. 

    Salah satunya adalah sistem pengereman yang tidak bekerja secara maksimal dan sulit dikendalikan hingga menyebabkan rem menjadi blong. Itu sebabnya, pastikan mengecek ketersediaan minyak rem sebelum bepergian. 

    • Buruknya Kualitas Minyak Rem

    Selain kuantitas minyak rem yang harus diperhatikan, perhatikan pula kualitasnya. Sebab, minyak rem yang kualitasnya buruk akan membuat suhu menjadi lebih tinggi dari batas kewajaran sehingga rem mobil pun menjadi blong. 

    • Kerap Menginjak Pedal Rem

    Masih banyak pengemudi yang secara sadar atau tidak memiliki kebiasaan sering menginjak pedal rem, khususnya para pemula. Kebiasaan ini akan menimbulkan gaya gesek sehingga kaliper menjadi panas dalam waktu yang lama. 

    Akibatnya, kaliper yang selalu panas akan membuat rem menjadi malfungsi hingga akhirnya blong. 

    Pexels.com

    Cara Aman Mengatasi Rem Mobil yang Blong

    Sebagai pengemudi, sangat disarankan untuk memiliki pengetahuan cara mengatasi berbagai kendala yang mungkin terjadi selama berkendara, salah satunya adalah ketika rem blong secara tiba-tiba.