Berita

    Tips Menghemat Bahan Bakar Ketika Macet

    Ketika sedang mengendarai mobil, seringkali berbagai jalur macet tidak bisa Anda hindari. Pada berbagai waktu tertentu, misalnya ketika jam pulang kerja di berbagai kota besar, hal tersebut semakin wajar terjadi.

    Ketika perayaan berbagai hari besar atau sedang libur panjang, jalanan juga bisa menjadi semakin ramai. Kemacetan panjang juga tidak jarang terjadi dan mungkin harus Anda lalui. Padahal, hal tersebut bisa saja membuat bahan bakar menjadi cepat habis.

    Tips Menghemat Bahan Bakar Ketika Macet

    Jalanan yang ramai seringkali membuat Anda harus banyak berhenti dan menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Hal tersebut bisa saja membuat bahan bakar menjadi cepat habis, namun hal ini bisa diantisipasi dengan berbagai hal, misalnya dengan tips di bawah ini.

    • Matikan Mesin Jika Berhenti Cukup Lama

    Ketika berada dalam kondisi macet dan harus berhenti dalam waktu yang cukup lama, maka Anda bisa mematikan mesin untuk menghemat bahan bakar.

    Jika mobil berhenti dan tidak akan bergerak dalam waktu satu menit atau lebih, Anda sudah bisa mematikan mesinnya. Cara ini bisa Anda lakukan ketika harus menunggu cukup lama untuk kembali melaju.

    Namun, pastikan Anda tetap siaga untuk kembali melaju jika kondisi jalannya sudah memungkinkan. Jangan sampai justru menghilangkan fokus Anda ketika sedang berkendara.

    • Geser ke Posisi Netral

    Ketika kendaraan sedang berhenti, Anda sebaiknya memindahkan transmisi mobil ke posisi netral. Dengan begitu, Anda akan mengurangi revolusi per menit (RPM) dan bisa menghemat bahan bakar.

    • Pakai Rem Ketika Berhenti di Tanjakan

    Ketika harus berhenti di jalan tanjakan, maka Anda bisa memanfaatkan fungsi rem dengan baik. Gunakan rem untuk menahan supaya mobil tetap berhenti di posisinya dan tidak turun ke belakang.

    Untuk menahan posisi mobil, sebaiknya Anda tidak memakai transmisi otomatis atau kopling. Hal tersebut bisa membebani mesin serta membuat bahan bakar yang diperlukan menjadi lebih banyak.

    Dengan hanya memakai rem, tidak hanya melakukan penghematan bahan bakar, Anda juga telah menjaga performa mesin dengan tidak terlalu membebaninya.

    • Tidak Memacu Mesin Ketika Kendaraan Sedang Berhenti

    Ketika sedang berhenti di lampu merah atau sedang menunggu kendaraan di depan melaju, maka Anda tidak perlu memacu mesin mobil Anda.