Berita

    Tips Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Saat Berkendara

    Kendaraan bermotor yang menggunakan BBM adalah salah satu sarana transportasi penting yang banyak digunakan orang. Namun karena kondisi harganya yang terus menerus naik, diperlukan solusi khusus untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

    Selain dari aspek biaya, efisiensi konsumsi bahan bakar juga bisa memberi dampak positif dari aspek lingkungan. Oleh karena itu, ketahui apa saja tips menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) saat berkendara.

    10 Tips Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Saat Berkendara

    Bahan bakar merupakan salah satu komponen terbesar dalam pengeluaran saat berkendara. Dalam jangka panjang, penghematan BBM dapat membantu memaksimalkan kondisi finansial secara keseluruhan. Berikut ini 10 tips menghemat bahan bakar yang bisa diikuti:

    • Rencanakan Rute Perjalanan Sebelum Berangkat

    Merencanakan rute perjalanan sebelum berangkat adalah salah satu cara efektif untuk menghemat penggunaan bahan bakar. Sebaiknya, hindari rute yang padat atau jam sibuk yang dapat membuat kendaraan terjebak dalam kemacetan.

    Anda juga bisa memanfaatkan teknologi navigasi atau aplikasi peta untuk memperoleh informasi kondisi lalu lintas terkini dan rute yang lebih efisien. Dengan melakukan efisiensi rute, jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar bisa dikurangi.

    • Jaga Tekanan Angin Ban

    Dengan memastikan tekanan angin ban yang tepat, gesekan antara ban dan jalan akan berkurang. Secara tidak langsung, hal ini dapat mengurangi hambatan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

    Idealnya tekanan angin ban berada antara 28 hingga 33 psi, sesuai dengan rekomendasi pabrik, atau berdasarkan panduan di buku manual kendaraan Anda. Jika masih bingung, konsultasikan tekanan angin ideal bersama pihak bengkel.

    • Gunakan BBM Sesuai Spesifikasi Mesin

    Tips menghemat konsumsi bahan bakar selanjutnya yaitu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin Anda. Selain itu, sebaiknya gunakan bahan bakar beroktan tinggi karena pembakarannya lebih efisien.

    • Hindari Memanaskan Kendaraan Terlalu Lama

    Memanaskan mesin kendaraan terlalu lama sebelum berkendara dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar. Apalagi, hampir semua mesin mobil modern sudah tidak memerlukan waktu pemanasan yang lama untuk beroperasi dalam kondisi optimal.

    Cukup biarkan mesin berjalan selama beberapa saat, sekitar 1-5 menit saja sebelum mulai berkendara. Dengan mengurangi waktu memanaskan mesin, Anda dapat menghemat bahan bakar yang seharusnya terbuang percuma.

    • Jangan Memuat Barang atau Penumpang Berlebihan