Berita

    Kenali Perbedaan PPn & PPnBM

    PPn & PPnBM sempat menjadi perbincangan beberapa waktu terakhir ini. Hal ini terjadi karena adanya berita tentang angka pajak yang diturunkan hingga 0%.

    Sebenarnya, PPn dan PPnBM merupakan dua jenis pajak yang berbeda. Namun, keduanya memiliki beberapa kesamaan. Agar Anda kenal lebih dalam mengenai kedua istilah tersebut, mari simak informasinya di bawah ini. 

    Pengertian PPn & PPnBM

    Sebelum mengetahui perbedaanya secara detail, apakah Anda sudah tahu pengertian dari PPn dan PPnBM? PPN merupakan singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai, sedangkan PPnBM merupakan singkatan dari Pajak Penjualan atas Barang Mewah. 

    PPN akan dikenakan pada pihak pengusaha yang kena pajak atau PKP (Pengusaha Kena Pajak). PKP ini merupakan pihak yang melaksanakan kegiatan produksi hingga pemasaran Barang Kena Pajak (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP). 

    Sementara itu, PPnBM akan dikenakan pada Barang Kena Pajak (BKP) yang tergolong ke dalam barang mewah. Umumnya, pajak ini akan dikenakan pada produsen atau pengimpor barang mewah tersebut.

    Karakteristik PPn dan PPnBM

    Kedua jenis pajak ini masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Adapun karakteristik pajak PPn yaitu:

    • Jenis ajak tidak langsung sehingga beban pajak bisa dialihkan pada pihak lain.
    • Pungutan bersifat objektif.
    • Multi Stage Tax.
    • Penghitungan menggunakan metode indirect substration.
    • Termasuk jenis pajak konsumsi yang umum di dalam negeri.
    • Bersifat netral
    • Tidak menimbulkan pajak berganda.

    Sementara itu, PPnBM memiliki karakteristik sebagai berikut.

    • Termasuk ke dalam pungutan tambahan.
    • Hanya dikenakan satu kali saja.
    • Tidak dapat dikreditkan karena sasarannya adalah konsumen. 

    Perbedaan PPn & PPnBM 

    Meskipun sama-sama jenis pajak, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Sebagai warga negara yang baik, tentunya Anda harus bisa membedakan kedua jenis pajak tersebut. Karena itu, berikut telah kami siapkan informasinya untuk Anda. 

            1. Jenis Pungutan

    Perbedaan yang paling utama dan bisa terlihat dari PPn & PPnBM ialah jenis pungutan yang dikenakan. Dari pengertian di atas saja, kita sebenarnya sudah dapat mengetahui jenis pungutan yang dikenakan keduanya jelas berbeda.

    PPn merupakan pungutan pajak yang kenakan pada nilai tambah suatu barang yang diproduksi oleh produsen yang kena pajak. Sementara itu, PPnBM merupakan pungutan pajak untuk barang yang termasuk pada golongan barang mewah. Di dalam pungutan barang mewah tersebut tetap atau pungutan PPn.