Berita

    Lindungi Mobil Anda! Bahaya Jalan Berlubang

    Lubang jalan menjadi salah satu kondisi yang meresahkan bagi pengendara terutama ketika musim penghujan tiba. Tak hanya bisa menyebabkan mobil menjadi mudah kotor, jalanan berlubang juga bisa menyebabkan kerusakan mobil sampai kecelakaan. 

    Mengetahui risiko tersebut, maka sebaiknya ketahui lebih detail apa saja bahaya serta dampak yang diberikan lubang tersebut pada kendaraan, khususnya mobil. Jangan lewatkan pembahasan berikut!

    Bahaya dan Dampak Lubang Jalan pada Mobil

    Terdapat beberapa bahaya dan dampak jalanan berlubang bagi mobil yang perlu Anda waspadai. Berikut ini merupakan daftar dan penjelasannya:

    • Merusak Ban 

    Jalanan yang berlubang biasanya cenderung memiliki ujung yang tajam sehingga apabila ban mobil mengenainya bisa berisiko menusuk ban. Ban bisa saja kempes atau bahkan meledak saat di perjalanan. 

    Selain itu, tusukan dari lubang juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan pada ban yang menyebabkan berkendara menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda harus ekstra hati-hati ketika melewati lubang.

    • Merusak Velg dan Suspensi

    Ketika Anda melewati jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi maka bisa menyebabkan hentakan yang sangat keras. Apabila hal tersebut terjadi, bukan hanya ban saja yang bisa mengalami kerusakan namun velg mobil juga bisa kena.

    Hentakan keras antara roda dengan jalanan berlubang bisa mengakibatkan velg mobil menjadi bengkok bahkan retak. Selain velg mobil, benturan keras pada roda juga bisa merusak sistem suspensi.

    Kerusakan velg dan suspensi mobil bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat berkendara dan berisiko menyebabkan kecelakaan. 

    Apabila roda terasa tidak nyaman, maka bisa jadi terjadi kerusakan pada velg mobil Anda. Segera bawa mobil Anda ke bengkel jika velg mobil bengkok. 

    • Merusak Knalpot 

    Selain merusak area roda, knalpot juga bisa kena ketika mobil Anda mengenai lubang yang dalam. Knalpot mobil Anda bisa saja penyok ketika melintasi jalanan berlubang. 

    Kerusakan atau kebocoran pada knalpot bisa mengakibatkan suara mobil menjadi lebih berisik dan kinerja mesin mobil menjadi menurun. 

    Kerusakan pada knalpot perlu segera diatasi ke bengkel untuk mencegah munculnya kebocoran asap yang bisa berbahaya bagi pernapasan manusia.

    Oleh karena itu, penting sekali untuk menghindari jalanan berlubang atau apabila Anda tidak bisa menghindarinya pastikan untuk menurunkan kecepatan ketika melintasi jalanan berlubang. 

    • Merusak Bodi Bawah