Berita

    Simak Penyebab Kompresor Mobil Berisik

    Masalah yang kerap dihadapi oleh pemilik kendaraan di atas lima tahun adalah kompresor mobil yang berisik. Bunyi ini akan menghilang saat AC dimatikan dan kompresor berhenti bekerja. 

    Ada banyak penyebab kompresor AC ‘ngorok’, salah satunya yaitu karena ausnya piston dari kompresor tersebut. Namun, untuk mengetahui penyebab pastinya perlu dilakukan pengecekan satu per satu.

    Penyebab Kompresor Mobil Berisik

    Memiliki mobil yang ‘ngorok’ pada saat menyalakan AC, tentu cukup mengganggu pengendara ataupun penumpang selama dalam perjalanan. Nah, sebagai pemilik mobil Anda harus tahu apa penyebabnya agar bisa memberikan penanganan yang tepat. 

    • Komponen AC Tidak Terpasang dengan Benar

    Anda bisa saja melakukan pemasangan komponen AC secara mandiri. Namun, jika pemasangannya kurang tepat bisa menyebabkan kompresor AC mobil menjadi berisik atau ‘ngorok’. 

    Umumnya, hal ini terjadi ketika ada bagian yang masih terpasang dengan longgar. Bagian tersebut akan membuat AC mobil bergetar sehingga menimbulkan suara yang berisik. Karena itu, saat pemasangan komponen disarankan untuk pergi ke bengkel.

    • Terjadi Gesekan dalam Mesin AC 

    Penyebab kompresor mobil berisik berikutnya yaitu karena adanya gesekan yang terjadi pada mesin AC. Bunyi berisik keluar dari kompresor ada kemungkinan berasal dari gesekan yang terjadi antara dua komponen dari kompresor. 

    Hal ini bisa terjadi karena dua kemungkinan, yaitu keringnya oli pada piston atau mesin AC yang sudah aus karena usianya yang sudah cukup tua sehingga menyebabkan mesin bekerja menjadi lebih berat dari pada biasanya.

    Jika yang menjadi sumber masalahnya adalah oli, Anda bisa segera mengganti atau menambah oli tersebut. Sementara itu, jika sumber masalahnya adalah mesin yang aus, Anda bisa segera menggantinya dengan komponen baru.

    • Adanya Saluran AC yang Bocor 

    Ternyata, penyebab suara berisik pada kompresor tidak hanya bisa disebabkan oleh komponennya langsung, melainkan bisa jadi karena ada saluran AC yang bocor. Hal ini bisa menyebabkan Freon menjadi lebih cepat terkuras dan mengakibatkan oli cepat habis.

    Jika ini terjadi, bisa menimbulkan gesekan pada bagian piston. Akibatnya, munculah bunyi berisik pada AC mobil.

    • Terdapat Benda Asing

    Sebaiknya jangan menyepelekan benda apapun yang masuk ke bagian kabin mobil, terutama benda kecil seperti daun kering, pecahan benda, sisa makanan, atau bahkan kerikil kecil.